Asia Speaks Chapter Indonesia 2019 “Food Security & Youth Empowerment Across Asia”

0
213

Asia Speaks Chapter Indonesia 2019

“ Food Security & Youth Empowerment Across Asia”

Dialogue Day and Essay Competition

 

Asia Speaks merupakan kegiatan rutin mengenai program dialog terkait Sustainable Development Goals (SDGs) para pemuda di Asia yang dipelopori oleh International Youth Center (IYC) Malaysia, Asian Youth Council (AYC) dan didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Malaysia, Pada tahun 2018 Program ini terselenggara di Srilanka, dan pada awal tahun 2019  program Asia Speaks Chapter Indonesia dilaksanakan pada 28 February 2019 , dimana Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi tuan rumah di gedung Auditorium Andi Hakim Nasution, IPB University.

Acara Asia Speaks Chapter Indonesia (ASCI) tahun 2019 mengusung tema Food Security and Youth Empowerment Across Asia, dengan didahului dengan essay competition. Acara berlangsung mulai pukul 07.15 sd 17.00 WIB. Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan doa oleh Muhammad Rizal Ayuby dilanjutkan dengan penampilan tari tradisional Rampak Gendang. Sambutan dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F. sebagai wakil rektor bidang kolaborasi dan sistem informasi dari IPB University serta Dr. Mohamed Maliki Mohamed Rapiee sebagai Direktur International Youth Centre, selanjutnya pemberian sertifikat serta hadiah diberikan kepada Top 15 Essay dilanjutkan dengan pemberian plakat antara IPB University dengan Ministry of Youth and Sports Malaysia, International Youth Centre, dan Asian Youth Council.

Acara berlangsung dibagi dalam 3 sesi dialog, yakni sesi 1 yang berupa talkshow dengan tema Sharing Experiences and Leassons Learned on Volunteering and Social Enterprises yang dimoderatori oleh Mr. Nazrul Azizi selaku pihak Asian Youth Academy. Sesi ini menghadirkan 3 pembicara, dimana dua diantara merupakan peserta dengan essay terpilih yakni Safhira Alfarisi dari IPB University dan Rio Ferdinand Kiantara dari Universitas Indonesia, serta satu perwakilan dari Malaysia Youth Parlimen yakni Muhammad Faisal Yahaya.

Sesi 2 bertema “Zero Hunger and Building Climate Resilience for Food Security and Nutrition”. Talkshow pada sesi ini dimoderatori oleh Bapak Nazrul Azizi. Sedangkan pembicara pada sesi ke-2 ini terdiri dari Mohammad Shukeri Drahman dari Malaysia Youth Officer, Phidju Marrin Sagala dari IPB University, dan Mai Thi Ngoc Huyen dari Hue University Vietnam.

Dialog Sesi ke-3  yang bertemakan “Managing Sustainable Food Security and Promote Suistainable Agriculture”  yang juga dimoderatori oleh Bapak Nazrul Azizi, dihadiri oleh empat pembicara yang terdiri dari Muhammad Faisal Yahaya dari Malaysia Youth Parlimen, Mohammad Shukeri Drahman dari Malaysia Youth Offocer, Jazlyn Bon Onglim Yu dari University Santo Thomas, Philipines, dan M. Rasyid S dari IPB University.

Puncak acara yakni pemberian penghargaan berupa Pembicara Terbaik kepada Rio Ferdinan Kiantara sebagai juara ketiga, Jazlyn Bon Onglim Yu sebagai juara kedua, dan posisi pertama dimenangkan oleh Safhira Alfarisi dari IPB University. Closing Ceremony oleh Prof. Dr. Abdul Rashid Mohamad mewakili Asian Youth Academy, dan Dr. Nunung Nuryantono, M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. (Sponsor by :Nivea dan Wardah)