Benchmarking Tendik Departemen Manajemen ke Universitas Udayana – Bali

49
Tenaga Kependidikan (Tendik) Departemen Manajemen melakukan studi banding ke Universitas Udayana, Bali

Pada tanggal 18-19 Oktober 2019 Tenaga Kependidikan (Tendik) Departemen Manajemen melakukan studi banding ke Universitas Udayana, Bali. Studi banding ini bertujuan untuk   menambah wawasan, pengetahuan dan memberikan manfaat bagi perkembangan dan kebutuhan tendik dengan belajar di lokasi dan lingkungan yang berbeda dan tentunya akan menambah pengalaman dan lebih refresh dalam bekerja. Tema studi banding adalah Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Administrasi dan Hospitality Management Menuju Word Class University Tenaga Kependidikan Departemen Manajemen.

Pimpinan dan Tendik Departemen Manajemen diterima di Ruang MM Lantai 3, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, oleh Koordinator Program Studi S1 Manajemen, Koordinator Program Studi S2 Manajemen, Kabag Tata Usaha, Kasubag Perencanaan dan Kasubag Pengelola Jurnal. Dalam sambutannya Ketua Departemen Manjemen, Dr. Wita Juwita Ermawati, S.T.P., M.M. mengatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah dapat sharing tentang kelebihan dan kekurangan dalam pengelolaan administrasi kepegawaian, pengelolaan jurnal dan hospitality management.

Pada kesempatan itu, Koordinator Program Studi S1 Manajemen, FEB, Udayana dan Koordinator Program Studi S2 Manajemen, FEB, Udayana, memaparkan tentang Program Studi S1 Manajemen dan Program Studi S2 Manajemen antara lain FEB, Udayana, Bali tidak ada istilah Ketua Departemen/Jurusan tetapi Koordinator Program Studi S1 Manajemen dan Koordinator Program S2 Manajemen dengan jumlah mahasiswa sekitar 5000 an di FEB. Ada 11 Koordinator Prodi dengan materi pembelajaran di link kan dengan ekonomi kreatif (kuliner, handycraft dan lain-lain). Jumlah mahasiswa di Prodi S1 Manajemen ada 1.500 an dengan kelulusan 65% lulus tepat waktu dengan rata-rata IPK 3,43 dan Ada 273 mahasiswa aktif di S2 dengan konsentrasi Bisnis Pariwisata, Keuangan, MSDM dan Marketing. Ada dua jurnal yang telah mendapat akreditasi Sinta. Untuk jurnal yang dikelola oleh prodi Manajemen telah mendapat akreditasi Sinta 5, sedangkan yang dikelola Fakultas telah mendapat akreditasi Sinta-2. Pengelola Jurnal sedikit berbagi tip untuk mengelola jurnal yang baik agar mendapat akreditasi, diantaranya dengan menjalin kerjasama sebanyak mungkin dengan berbagai lembaga perguruan tinggi lain.

Pada hari ke -2, Tendik Departemen Manajemen mengunjungi beberapa tempat antara lain Garuda Wisnu Kencana, pusat kuliner Bali dan pusat perdagangan kerajinan Bali. Pada kunjungan ini Tendik Departemen Manajemen belajar tentang pengembangan industri kreatif, pengembangan UMKM, hospitality khususnya di bidang pariwisata, serta mengembangkan kapasitas melalui kerjasama dan kekompakan tim (tim building).

(FF 04/11/19)