BIMBINGAN DAN KONSULTASI (BIMKOS) KEARSIPAN DEPARTEMEN MANAJEMEN

0
114

  BIMBINGAN DAN KONSULTASI (BIMKOS) KEARSIPAN DEPARTEMEN MANAJEMEN

Departemen Manajemen FEM IPB terus mencoba meningkatkan mutu pelayanan dan kompetensi tenaga kependidikan (tendik) melalui diklat atau pelatihan, baik yang diselenggarakan oleh IPB atau di luar IPB maupun yang diselenggarakan oleh Departemen Manajemen FEM IPB sendiri. Salah satu bentuk pelatihan yang diselenggarakan oleh Departemen Manajemen FEM IPB adalah Bimbingan dan Konsultasi Kearsipan (Bimkos Kearsipan) oleh Arsiparis Departeman Manajemen FEM IPB kepada Pengelola Arsip Departemen Manajemen FEM IPB.

Bimkos Kearsipan dilaksanakan  pada tanggal 29 – 30 November 2018 dengan topik kearsipan yaitu pengurusan surat, klasifikasi arsip dan tata naskah dinas. Bimkos Kearsipan  bagi Pengelola Arsip Departemen Manajemen FEM IPB (bagian kesekretariatan pimpinan, bagian akademik, dan bagian kerjasama) oleh Arsiparis Departemen Manajemen FEM IPB bertujuan  memberikan pengetahun dan keterampilan bagaimana mengelola arsip dengan baik dan benar sesuai kaidah kearsipan dari mulai penciptaan, digunakan dan dipelihara dan bagaimana arsip disusutkan. Harapannya agar Pengelola Arsip Departemen Manajemen FEM IPB dapat menerapkan pengelolaan arsip Departemen Manajemen FEM IPB sesuai kaidah kearsipan yang berlaku.

Bimkos terbagi menjadi dua hari yaitu bukan hanya presentasi/diskusi di ruangan saja, tetapi juga pada saat melaksanakan pekerjaan rutin kantor, jika ditemukan permasalahan kearsipan departemen, maka dilakukan diskusi dan pemecahan masalah sesuai kaidah kearsipan. Arsiparis Departemen Manajemen memiliki peran yang strategis untuk mewujudkan tertib arsip melalui kompetensi kearsipan yang dimilikinya dan dapat melaksanakan pembinaan SDM tenaga kependidikan semua bagian di departemen  dan mengajak mengelola arsip departemen dengan tertib.