GUEST LECTURER MANAGEMENT SERIES 2018

0
28

GUEST LECTURER MANAGEMENT SERIES 2018

Arum Kurniasih Prasodjo : Deputy GM of Public Relation & Media PT. Hutchinson 3 Indonesia

Raden Rauf: Business Consultant PT. United Tractors, Tbk & Selebgram

Guest Lecturer Management Series 2018 bekerja sama dengan PT. Hutchinson 3 Indonesia dan PT. United Tractors  menghadirkan Arum Kurniasih Prasodjo selaku Deputy GM of Public Relation & Media PT. Hutchinson 3 Indonesia dan Raden Rauf selaku Business Consultant PT. United Tractors, Tbk yang juga merupakan Selebgram sebagai dosen tamu. Acara ini berlangsung pada hari Senin, 12 November 2018 bertempat di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga. Kuliah tamu ini dihadiri oleh mahasiswa Manajemen IPB angkatan 53 yang mengambil mata kuliah Pemasaran Internasional dan beberapa mahasiswa dari fakultas lain, seperti dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Topik yang disampaikan pada kuliah tamu ini adalah Strategi Optimasi Digital Marketing Teknik dalam Era Industry 4.0 dan Optimalisasi Digital Marketing melalui Social Media. Acara ini berlangsung dari pukul 13.00 sampai dengan 15.30 WIB. Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony yaitu Paksi Ghali dan Hijra Salika yang merupakan mahasiswa Manajemen FEM IPB. Acara disambut oleh Sekertaris departemen Manajemen FEM IPB yaitu Bapak M. Syaefudin Andrianto S.T.P. M.Si.. Acara dipandu oleh seorang moderator yaitu Ibu Stevia Septiani S.E., M.Si. selaku Dosen Departemen Manajemen FEM IPB. Acara ini juga diinisiasi oleh Ibu Lindawati Kartika S.E., M.Si selaku Koordinator Kemahasiswaan Departemen Manajemen FEM IPB dengan dukungan Centre Of Management (COM@).

Kuliah tamu dengan topik Strategi Optimasi Digital Marketing Teknik dalam Era Industry 4.0 dibawakan oleh Arum Kurniasih Prasodjo. Brand global yang dimiliki oleh PT Hutchinson sebagai penyedia layanan telekomunikasi dan data global telah masuk ke pasar telekomunikasi sejak tahun 1983 dan menjangkau 129 layanan aktif di Hongkong, Macau, Indonesia, Vietnam, Singapura, Inggris, Swedia, Denmark, Austria, dan Irlandia . Jaringam luas Tri diperkuat oleh teknologi 3G serta 4G LTE di 281 kota dan kabupaten dan 7.919 desa dan fiber optic. Menurut data yang ada, dari 33 juta pengguna terdapat 80% pengguna berada pada usia generasi milenial, yaitu 15-25 tahun. Dari 295, 1 juta penduduk NKRI, 88,1 juta orang merupakan pengguna internet dan 79 jutanya aktif di social media. Penggunaan gadget di Indonesia juga cukup tinggi yaitu 43% masyarakat menggunakan smartphone. Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan brand kita di dunia yang seba digital ini, diantaranya adalah “how brand & product reference” dan “how brand & product conversation”.

Topik yang kedua dari kuliah tamu ini adalah Optimalisasi Digital Marketing melalui Social Media. Dalam digital marketing terdapat 3 aspek, yaitu own media, pain media dan earn media. Bapak Raden mengatakan bahwa kita bisa jadi siapapun di social media, namun kita juga harus didukung dengan konten-konten yang menarik. Sebagai selebgram tentu ada strateginya. Selebgram memiliki engagement atau adanya komukasi interaktif dengan followersnya di social media. Ada beberapa cara untuk mempertahankan image kita sebagai selebgram, diantaranya adalah kita harus membangun konten yang menarik dan kita juga harus konsisten dalam arti kita tahu positioning dan targeting kita. Bapak Raden Rauf juga mengatakan bahwa generasi milenial ini memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi influencer.

Setelah materi selesai disampaikan, dilanjutkan sesi tanya jawab selama 30 menit. Sesi tanya jawab terdiri atas dua sesi, yaitu sesi online melalui sli.do dan sesi offline dengan tanya jawab interaktif. Peserta cukup antusias dalam sesi tanya jawab ini. Terdapat dua pertanyaan yang dijawab oleh Ibu Arum serta ada tiga pertanyaan yang dijawab oleh Bapak Raden dalam sesi tanya jawab online. Sesi tanya jawab interaktif, pembicara mendapatkan tiga buah pertanyaan dari tiga orang penanya. Kepada lima orang penanya terbaik mendapatkan souvenir dari Tri yang diberikan langsung oleh Ibu Arum.

Setelah sesi pemateri selesai, dilanjutkan dengan penyerahan plakat, sertifikat, dan juga souvenir, yang diberikan oleh Bapak Drs. Edward Siregar, S.E., M.M. selaku Dosen Departemen Manajemen FEM IPB. Setelah penyerahan plakat, sertifikat, dan souvenir, dilakukan pemberian selempang kepada tiga duta Tri, yaitu Fathurrohman, Pratiwi, dan Dhia Utami. Selempang diberikan oleh Ibu Arum selaku Deputy GM of Public Relation & Media PT. Hutchinson 3 Indonesia. Acarapun diakhiri dengan sesi foto bersama antara Bapak Raden Rauf, Ibu Arum, dosen-dosen Departemen Manajemen FEM IPB, Duta Tri, serta para peserta Guest Lecturer Management Series 2018.