Guest Lecturer Series 2019

91
Guest Leacture 3

Guest Lecturer Series 2019

 

Persaingan Usaha yang Beretika : Bekal pengetahuan bagi generasi muda Departemem Manajemen FEM IPB

Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen bekerja sama dengan Center of Management menyelenggarakan Guest Lecturer Series di Convention Hall Faculty Economic Building, Kampus IPB Dramaga Bogor pada Hari Rabu, 18 September 2019.

Acara ini menghadirkan pembicara yaitu Bapak Abdul Hakim Pasaribu, S.E., M.E selaku Direktur Advokasi Persaingan dan Kemitraan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Acara ini juga dihadiri sejumlah Dosen Departemen Manajemen FEM serta seluruh mahasiswa S1 Departemen Manajemen angkatan 53 dan 54.

Tema Guest Lecturer kali ini yaitu “Memahami Persaingan Usaha di Era Global: Kepatuhan, Tantangan dan Sosialisasi Aturan Persaingan Usaha Program KPPU”. Acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua Departemen Manajemen, Ibu Dr. Wita Juwita Ermawati, S.TP, MM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa guest lecturer ini merupakan acara yang sudah biasa dilakukan setiap semester, khususnya di Departemen Manajemen. Beliau juga menyampaikan harapannya yaitu dengan diselenggarakannya acara ini dapat membantu mahasiswa dalam mencapai learning outcome. Selain itu, beliau juga berpesan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan acara ini sebaik-baiknya, aktif bertanya dan berdiskusi karena banyak hal yang dapat digali dan menambah wawasan dan pengetahun baik itu dari segi persaingan usaha, manfaat pengawasan usaha, dan bagaimana penerapan etika yang akan disampaikan oleh pemateri.

Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh Bapak Abdul Hakim Pasaribu, S.E., M.E yang dipandu oleh moderator yaitu Ibu Hardiana Widyastuti, S.Hut., MM. Dalam penyampaian materinya beliau menjelaskan perkembangan ekonomi digital dalam lima tahun terakhir mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang berdampak pada perilaku-perilaku persaingan  usaha. Di sisi lain persaingan juga merupakan sebuah instrumen untuk memajukan perekonomian, sehingga diperlukan suatu peraturan dan pengawasan terhadap persaingan usaha untuk menghindari dan meminimalisir perilaku usaha yang tidak sehat. Undang-Undang terkait persaingan usaha tidak melarang dan menghukum perusahan menjadi besar, tetapi perusahaan yang memiliki dominasi pasar perlu diawasi karena memiliki kecenderungan menyalahgunakan posisi dominannya. Beliau juga menyampaikan peranan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sebagai badan yang mengawasi interaksi antara pelaku usaha dengan pelaku usaha pesaing, pelaku usaha lain, dan pelaku usaha tertentu serta mengemban tugas dalam advokasi kebijakan, penegakan hukum, pengendalian merger, dan pengawasan kemitraan.

Setelah penyampaian materi berakhir, dilanjutkan oleh sesi tanya jawab. Pemateri manyampaikan apabila ada pelanggaran terkait persaingan usaha, KPPU wajib merahasiakan identitas pelapor selama pihak pelapor tidak mempublikasikan dirinya sendiri dan saat ini KPPU masih mengalami kendala dalam menyelesaikan permasalahan pelaku usaha yang tidak berdomisili atau memiliki kantor di Indonesia.

Acara Guest Lecturer ditutup dengan pemberian plakat, souvenir, dan sertifikat dari Departemen Manajemen kepada pembicara serta pemberikan postcard kepada Departemen Manajemen, kemudian acara diakhiri dengan sesi foto bersama.