Kunjungan Dosen Tamu dari Kasetsart University Thailand ke PSIM

0
56
Guest Lecture PSIM - Dr. Nirundon Tapachai

Kunjungan Dosen Tamu dari Kasetsart University Thailand ke Program Studi Ilmu Manajemen (PSIM) Sekolah Pascasarjana IPB

Pada tanggal 05 – 06 Juli 2019 Program Studi Ilmu Manajemen (PSIM) IPB menerima kunjungan dosen tamu dari Thailand, yakni Dr. Nirundon Tapachai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kasetsart University.  Dalam dua hari lawatan tersebut beliau menjadi penguji eksternal tesis mahasiswa PSIM dan memberikan kuliah umum bagi mahasiswa magister PSIM Departemen Manajemen. Kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama antara PSIM IPB dengan Kasersart University dalam bentuk “research attachment program”. Research attachment program adalah bentuk kerjasama penelitian di tingkat internasional untuk memberi kesempatan mahasiswa melakukan penelitian di luar negeri di bawah bimbingan co supervisior universitas mitra. Dalam program ini mahasiswa difasilitasi untuk mengumpulkan data, mencari literature dan berdisikusi langsung dengan co supervisornya selama  1 bulan di Thailand.

Pada hari pertama (05/07) Dr. Nirundon Tapachai disambut dengan acara ramah tamah. Hari kedua (06/07) pk.09.00 – 12.00 diadakan kuliah umum dari Dr. Nirundon  dengan tema “Development of tourism micro cluster model for poor rural area : a case study of Keang Rueng village”. Acara ini dihadiri oleh para  dosen dan sekitar 22 orang mahasiswa.  Dosen yang hadir, antara lain :  Dr. Jono M. Munandar sebagai Ketua PSIM, Dr. Eko Ruddy sebagai Sekretaris PSIM, Muhammad Saefudin Andriyanto, STP, M.Si, Dr. Ir. Anggraini Sukmawati,MM dan Nisa Zahra, STP, M.Si. Dalam kuliah umum ini Dr. Nirundon Tapachai menyampaikan studi kasus kluster wisata pada salah satu desa di Thailand. Desa tersebut adalah desa Keang Rueng yang berpendapatan rendah di dekat Taman Nasional. Studi tersebut menyimpulkan bahwa pendekatan turisme micro cluster dapat melejitkan potensi desa dalam hal pengembangan ekonominya melalui kegiatan yang bersifat menghasilkan pendapatan. Di desa ini dapat terbentuk komunitas berbasis turisme, berdasarkan empat kegiatan yang diusulkan dan dijalankan yakni : Marked Trekking, Adventure Tour, Pengolahan Mava Nut dan Home Stay.  Walaupun penelitian ini difokuskan pada satu desa (Kaeng Rueng), namun studi kasus ini dapat menjadi gambaran dan pengalaman untuk para pemangku keputusan ketika mempertimbangkan model klustering sebagai strategi pengembangan destinasi.

Acara kuliah umum ditutup dengan foto bersama. Semoga kerja sama Program Magister Ilmu Manajemen IPB dan Kasetsart dapat terus berkembang.

Acara selanjutnya pada pk.13.00 – 17.00 Dr. Nirundon menjadi penguji eksternal thesis dua mahasiswa yang melakukan research attachment program di Kasetsart University.  Kedua mahasiswa PSIM tersebut adalah: Ribka Cynthia dan Khairiyah Kamilah. Kedua mahasiswa PSIM tersebut dinyatakan lulus dan mendapatkan nilai ujian sangat baik. Melalui program ini PSIM telah meluluskan 11 orang mahasiswa yang dibekali dengan pengalaman riset internasional yang siap menghadapi persaingan global.

Sesaat setelah ujian sidang tesis Ribka Cynthia dan Khairiyah Kamilah – Mahasiswa program Research Attachment PSIM