OUTING of ENGLISH CLASS for SUPPORTING STAFF of MANAGEMENT DEPARTMENT

0
79

OUTING of ENGLISH CLASS

for SUPPORTING STAFF of MANAGEMENT DEPARTMENT 

Program Tutorial Bahasa Inggris bagi tenaga kependidikan (tendik) Departemen Manajemen FEM IPB sudah berjalan satu tahun. Program ini mulai dilaksanakan pada pertengahan tahun  2017 mengingat kebutuhan kompetensi bahasa Inggris bagi tendik untuk melayani tamu asing dan adanya kegiatan summer course pertama kalinya pada saat itu. Keterlibatan tendik pada kegiatan summer course dan melayani tamu asing sangat diperlukan dan mempunyai peranan yang cukup penting. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Ketua Departemen Manajemen mulai menerapkan tutorial Bahasa Inggris 1 (satu) kali seminggu dengan tutor Dra. Ani Purjayanti, M.A (Dosen Departemen Manajemen FEM IPB).

Kegiatan tutorial dilaksanakan di Departemen Manajemen FEM IPB dengan disain dan rancangan kegiatan oleh tutor dengan fun agar tendik termotivasi dan tertarik belajar bahasa Inggris. Selain dengan games, speaking, writing, mendengarkan dan menyanyikan lagu bahasa Inggris juga mendatangkan native speaker mahasiswa asing yang sedang studi di IPB.

Untuk mengatasi kebosanan, mengasah dan mempraktekkan komunikasi bahasa Inggris dengan suasana belajar yang baru, maka pada tanggal 9 Desember 2018 dilaksanakan Outing of English Class for Supporting Staff of Management Department. Kegiatan Outing of English Class tersebut dilaksanakan di Kebun Raya Bogor. Kali ini tendik belajar dengan mencari native speaker sendiri yang sedang berada di Kebun Raya Bogor. Tutor membagi tendik ke dalam kelompok kecil (2-3 orang tendik) dengan tugas mencari native speaker dan mengajak bicara dengan bahasa Inggris, merekam percakapan untuk evaluasi, pemberian souvenir dari Departemen Manajemen untuk native speaker yang telah selesai diinterview/diajak dialog oleh tendik. Kemudian native speaker dan tendik melakukan sesi foto bersama.

Kegiatan Outing of English Class diawali dengan melakukan senam bersama untuk pemanasan dan menghilangkan ketegangan peserta tendik. Kemudian kegiatan dibuka oleh MC dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Departemen Manajemen FEM IPB (M. Syaefudin Andrianto, S.T.P., M.Si.). Dalam sambutannya Sekdep mengatakan bahwa tahun 2019 ada informasi mahasiswa asing dari Malaysia dan Vietnam mengikuti program exchange student dengan salah satu tujuannya Departemen Manajemen. Karena itu program tutorial bahasa Inggris bagi tendik di Departemen Manajemen adalah suatu langkah yang baik untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris tendik dan mempersiapkan diri dengan kompetensi yang dimilikinya untuk dapat melayani dan memberikan hospitality yang prima bagi mahasiswa/tamu asing. Praktek bahasa Inggris langsung mencari native speaker  di Kebun Raya Bogor adalah sebagai ajang melatih diri, melatih rasa percaya diri dan terus mengasah kemampuan bahasa Inggris.

Setelah sambutan Sekdep, acara diambil alih oleh tutor dengan peserta memperkenalkan diri masing-masing dan menyebutkan yang disukainya dalam bahasa Inggris. Agar tendik lebih rileks mencari native speaker, tutor dan panitia membuat games dan lomba yel-yel dalam bahasa Inggris yang diikuti oleh seluruh peserta. Tiap kelompok bebas membuat yel-yel dengan persyaratan menggunakan bahasa Inggris. Games antara lain berupa pertanyaan-pertanyaan dalam bahasa Inggris yang telah disiapkan oleh tutor dan Sekdep.  Peserta yang berhasil menjawab pertanyaan diberikan hadiah. Begitupun hadiah diberikan untuk pemenang yel-yel terbaik.

Akhirnya acara inti mencari native speaker pun tiba. Tutor memberikan pengarahan dan memberikan alternative pertanyaan-pertanyaan yang bisa ditanyakan ke native speaker. Masing-masing kelompok mencari native speaker, melakukan komunikasi dalam bahasa Inggris dengan native speaker, merekamnya, memberikan souvenir dan foto bersama native speaker. Kegiatan Outing of English Class tendik ini memberikan suatu pengalaman bagi tendik untuk memupuk rasa percaya diri melakukan komunikasi dengan native speaker. Ada kelompok yang dengan cepat mendapatkan native speaker dan ada juga kelompok yang harus lebih bersabar menunggu mendapatkan native speaker yang bisa bersedia diajak dialog.

 

 

 

 

 

 

Agar kemampuan bahasa Inggris tendik dapat terus diasah dan terus tumbuh rasa percaya diri tendik untuk melakukan komunikasi dengan native speaker, maka metode belajar tutorial melalui Kegiatan Outing of English Class dapat dilakukan secara berkala.