PELATIHAN PELAYANAN PRIMA DAN SHARING SESSION

0
43

PELATIHAN PELAYANAN PRIMA DAN SHARING SESSION

TENDIK & PIMPINAN DEPARTEMEN MANAJEMEN

Departemen Manajemen FEM IPB menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Prima dan Sharing Session Tendik & Pimpinan Departemen Manajemen pada tanggal 3-4 November 2018 bertempat di Hotel Rizen Premiere, Cisarua, Bogor.

Pelatihan ini diikuti oleh seluruh Tenaga Kependidikan (Tendik) Departemen Manajemen, terdiri dari Kepala Tata Usaha, Tendik S1 reguler dan PSAJM serta Tendik S2 PSIM dengan trainer dari Hearty Service Institute, Surabaya, Agni Santi Mayangsari, S.S., M.PSDM.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan agar Tendik Departemen Manajemen FEM IPB dapat menambah pengetahuan dan kompetensi serta mempunyai sikap dan kemampuan yang mantap untuk melaksanakan pelayanan kepada internal dan external customer; mempunyai kemampuan untuk bersikap proaktif, bersikap dan berkomunikasi dengan empati dan assertif, sopan dan santun, serta dapat membina hubungan baik dengan internal dan external customer; dan dapat menangani dan menyelesaikan masalah keberatan (complaint) dari customer dengan baik dan bersahabat sehingga dapat menjaga hubungan baik dengan customer.

Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Departemen Manajemen, M. Syaefudin Andrianto, S.T.P., M.Si. Dalam sambutannya mengatakan bahwa Departemen Manajemen mencoba meningkatkan mutu layanan sesuai dengan standar internasional,  profesional kerja dan salah satunya dengan memberikan pelatihan pelayanan prima kepada tenaga kependidikan,  sekaligus membuka acara pelatihan pelayanan prima.

Trainer Agni S. Mayangsari, S.S., M.PSDM antara lain mengatakan bahwa Pelayanan Prima diberikan dengan cara Sentuh Hati dan Jaga Hati. Sentuh hati dengan give your best look (yang anda tampilkan), deliver the best word (pemilihan kata-kata yang akan diucapkan, gunakan magic word dan hindarkan killer words) dan choose the best role (senyum, mendengarkan, tenang dan menghargai). Sedangkan Jaga hati dengan manage mind, manage energy dan manage heart.

Selain Pelatihan Pelayanan Prima yang disampaikan oleh trainer Agni S. Mayangsari, S.S., M.PSDM juga dilakukan Sharing Session Tendik & Pimpinan Departemen Manajemen FEM IPB. Pimpinan Departemen yang hadir adalah Sekretaris Departemen (M. Syaefudin Andrianto, S.T.P., M.Si.), Ketua PSAJM (Farida Ratna Dewi, S.E., M.M.) dan Ketua PSIM (Dr.Ir. Jono M. Munandar, M.Sc). Pada sharing session, Tendik dan Pimpinan Departemen berdiskusi tentang kendala dan solusi penyelesaian masalah.