Press Release Centre of Management 2017-2018 [SELEKSI MAHASISWA BERPRESTASI – DEPARTEMEN MANAJEMEN TAHUN 2018]

0
72

Press Release Centre of Management 2017-2018

 SELEKSI MAHASISWA BERPRESTASI

DEPARTEMEN MANAJEMEN TAHUN 2018

“JOURNEY TO BE THE MOST EXCELLENT STUDENT”

Seleksi mahasiswa berprestasi (mapres) merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Institut Pertanian Bogor. Hal ini bertujuan untuk mencari mahasiswa yang memiliki prestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Seleksi ini diikuti oleh mahasiswa yang berada di tingkat dua dan tiga. Agenda tahunan ini dilaksanakan secara berjenjang, yaitu dimulai dari tingkat Departemen, Fakultas dan Perguruan Tinggi. Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, sebagai bagian dari Institut Pertanian Bogor, berpartisipasi aktif untuk melaksanakan seleksi mahasiswa berprestasi. Seleksi mapres tingkat departemen pada tahun ini dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama merupakan seleksi kemampuan berbahasa Inggris yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 November 2018, bertempat di Ruang Sidang Dua Gedung Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Acara ini diikuti oleh delapan orang calon mahasiswa berprestasi dari Departemen Manajemen angkatan 53 dan 54.

Seleksi ini diawali dengan registrasi dan dilanjutkan dengan masing-masing calon mapres menjawab pertanyaan dari topik yang sebelumnya telah dipilih. Calon mapres diberi waktu tujuh menit untuk menjawab pertanyaan juri. Tiga menit pertama diberikan untuk menganalisis topik yang telah dipilih, kemudian empat menit selanjutnya digunakan untuk mempresentasikan hasil dari analisis topik tersebut. Setelah itu calon mapres mendapat masukan dan saran dari pihak juri. Juri pada sesi ini adalah Dra. Ani Purjayanti, M.A.

Sesi kedua seleksi mapres Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor dilaksanakan pada hari Jumat, 16 November 2018. Acara tersebut bertempatan di Ruang Sidang A dan Ruang Sidang B Gedung Fakultas Ekonomi dan Manajemen dengan  dua bagian. Bagian pertama yaitu seleksi Karya Ilmiah yang bertempat di Ruang sidang A dan bagian kedua merupakan seleksi Akademik dan Prestasi yang bertempat di Ruang Sidang B.

Pada bagian satu, masing masing calon mapres diberi waktu 15 menit untuk mempresentasikan Karya Ilmiah  yang telah dibuat oleh masing-masing individu. Setelah itu, calon mapres mendapat masukan dan saran dari  para juri. Juri pada sesi tersebut adalah Dr. Eko Ruddy Chayadi, S. Hut, MM dan Ibu Lindawati Kartika, SE, M.Si. Bagian kedua seleksi calon mapres dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB. Juri pada bagian tersebut adalah Ibu Stevia Septiani, SE, Msi. Dan Ibu Eka Dasra Viana , S. E, Ak, M.Acc. Pada sesi ini, masing-masing calon mahasiswa berprestasi diberikan pertanyaan terkait dengan akademik dan prestasi.

Seleksi calon mapres di tingkat Departemen memberikan kesan bagi beberapa peserta.  Menurut Zulfa, angkatan 54, seleksi mahasiswa berprestasi Departemen Manajemen merupakan seleksi terbaik yang ada di Institut Pertanian Bogor. Seleksi ini membuka pembelajaran untuk mengetahui potensi diri dan sangat berkesan. Baginya, di dalam seleksi tersebut, ia bisa mendapat dosen pembimbing yang baik dan totalitas dalam memberi  saran untuk perbaikan yang maksimal. Selain itu, Menurut Zakiyah, calon mapres dari manajemen angkatan 53, seleksi  mahasiswa berprestasi memberikan tantangan tersendiri karena dari seleksi tersebut bisa mencoba hal baru dan bisa melatih critical thingking. Terakhir, menurut Filya, angkatan 54, kegiatan seleksi calon mahasiswa berprestasi sangat menunjang keterampilan mahasiswa, baik dari segi berfikir kritis, inovatif sesuai data dan melatih skill untuk persiapan pembuatan skripsi serta melatih kekuatan mental dan kemampuan public speaking.