Profil Departemen Manajemen

Pembangunan yang bergerak cepat secara sinergis dan berkesinambungan menuntut banyak tenaga professional yang handal khususnya di bidang manajemen. Bidang manajemen adalah disiplin ilmu yang mengembangkan SDM dengan kompetensi penguasaan ilmu dan ketrampilan dalam konteks perorangan dan organisasi. Oleh karena itu, ilmu manajemen diperlukan di berbagai bidang baik profit maupun non profit termasuk bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan industri serta jasa lainnya.

Pendirian Departemen Manajemen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB ditujukan untuk mendukung pencapaian tujuan IPB menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional yang memahami konsekuensi globalisasi ekonomi dan lebih tanggap terhadap kebutuhan lingkungan dalam menjawab tantangan pengembangan Ipteks dan penyelenggaraan pendidikannya yang lebih berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Departemen Manajemen mengimbangi pendekatan resources dan production oriented yang telah lama menjadi ciri IPB dengan demand atau market oriented yang menjadi ciri dari cara kerja manajemen. Dalam pandangan manajemen, IPB bermutu tinggi bila mampu menghasilkan IPTEKS dan lulusan yang memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat, serta mampu mengikuti perkembangan zaman.

Saat ini di Departemen Manajemen mempunyai empat bagian/divisi yang berwewenang dalam pengembangan keilmuan yaitu Divisi Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Produksi dan Operasi serta Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Departemen Manejemen disamping menyelenggarakan Program Sarjana Manajemen juga menyelenggarakan Program Pascasarjana Mayor Ilmu Manajemen.

Kapasitas mahasiswa untuk S1 adalah 120 orang dengan rasio input yang kompetitif, di IPB termasuk Departemen dengan peminat 5 terbesar (favorit). Kemudian untuk menjaga kualitas manajemen, Departemen diakreditasi oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), AUN (ASEAN University Network) dan ISO 9001:2015. Tiap 4 tahun sekali diadakan lokakarya kurikulum untuk menyesuaikan dengan perubahan zaman.