WEEKLY ENGLISH for SUPPORTING STAFF (WESS) at DEPARTMENT of MANAGEMENT

0
45

WEEKLY ENGLISH for SUPPORTING STAFF (WESS)

at DEPARTMENT of MANAGEMENT

Departemen Manajemen terus mencoba meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan (tendik) melalui program tutorial Bahasa Inggris. Tutorial ini diselenggarakan 1 (satu) kali seminggu dengan tutor Dra. Ani Purjayanti, M.A. dan sudah satu tahun berjalan.

Program ini didisain oleh tutor dengan fun, dengan harapan tendik termotivasi dan tertarik belajar dan tujuan program departemen tercapai. Bukan suatu hal yang mudah menerapkan dan mengajak tendik untuk tertarik belajar Bahasa Inggris, disamping juga bentroknya jadwal dengan tugas-tugas utama tendik di departemen.

Menyiasati kendala tersebut, tutorial diselenggarakan pada hari sebagian besar tendik bisa ikut berpartisipasi. Selama kurang lebih 2 (dua) jam setiap kali pertemuan, tutor mendampingi tendik belajar komunikasi Bahasa Inggris dengan kalimat sederhana dengan tema seputar daily activity, nama benda, numerik, deskripsi (tempat, orang dan benda) serta mendatangkan native speaker mahasiswa asing yang sedang studi di IPB.

Tutorial bukan hanya di kelas, tetapi juga melalui Whatsapp Group (WAG). WAG ini beranggotakan tendik, tutor dan pimpinan departemen (Dr. Wita Juwita Ermawati, S.T.P., M.M./ketua departemen dan M. Syaefudin Andrianto, S.T.P., M.Si/sekretaris departemen). Selain untuk monitoring dan evaluasi kegiatan tutorial Bahasa Inggris bagi pimpinan, WAG ini juga untuk memudahkan koordinasi bagi tendik dan tutor.

Saat tutorial berlangsung di kelas, tendik berlatih pronunciation dengan benar dan melatih keberanian dengan mengucapkan kalimat-kalimat sederhana. Saat tutorial berlangsung di WAG, tutor meminta secara bergantian dan urutan tendik yang sudah ditentukan/disepakati untuk mengupload gambar/foto dan membuat kalimat yang menjelaskan gambar, kemudian direspon anggota tendik lainnya. Cara lainnya adalah tutor mengajak berdiskusi tentang suatu tema dan tendik diminta menuliskan pendapatnya dalam bahasa inggris. Secara langsung tendik belajar menulis kalimat dalam bahasa inggris.

Pada moment tertentu seperti Ramadhan dan idul fitri, tutor minta tendik presentasi tentang kampung halaman atau perayaan lebaran khas kampung halaman. Ketua Departemen Manajemen, Dr. Wita Juwita Ermawati, S.T.P., M.M. berharap semoga program tutorial bahasa inggris ini sebagai suatu langkah menuju World Class University [WCU]