Event Advertisement
Home Blog

Dr. Mukhamad Najib, S.T.P, M.M, sebagai narasumber pada Pelatihan “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bogor”

Kegiatan dosen Dept. Manajemen FEM IPB, Dr. Mukhamad Najib, S.T.P, M.M, sebagai narasumber pada Pelatihan “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bogor” di Hotel Lorin, 25 Juni 2019 #manajemenfemipb #IPBUnivesity

sumber : https://gramho.com/media/2074528633313143221

 

Dr Mukhamad Najib STP MM (selaku Pakar Pemasaran UKM, Wakil Ketua IPB SDGs Network, dan Dosen Departemen Manajemen FEM IPB)

Dr Mukhamad Najib STP MM (selaku Pakar Pemasaran UKM, Wakil Ketua IPB SDGs Network, dan Dosen Departemen Manajemen FEM IPB) menjadi Presenter Utama pada: . Business Meeting Sumbawa TP dan Seminar Pendidikan Ekonomi Sumbawa – “Peran Sumbawa TP Membangun Ekonomi Sumbawa” . Jumat, 5 Juli 2019 . di Gedung Pengelola dan Inkubator, Sumbawa Technopark, Sumbawa – NTB . #manajemenfemipb #ipbunivesity

Sumber : https://gramho.com/explore-hashtag/IPBUnivesity

 

Kuliah Umum Mahasiswa – Narasumber : Prof. Dr. Ir. Musa Hubeis, M.S. Dipl. Ing., DEA. (Guru Besar IPB)

Kuliah Umum Mahasiswa Program Studi Agribisnis/D-III dan Agribisnis Pangan/D-IV

Narasumber : Prof. Dr. Ir. Musa Hubeis, M.S. Dipl. Ing., DEA. (Guru Besar IPB)

 

Pada hari Rabu, 27 Juni 2019, bertempat di Gedung Sakura dilaksanakan Kuliah Umum Mahasiswa Program Studi Agribisnis/D-III dan Agribisnis Pangan/D-IV, dengan tema Pengembangan UMKM Agribisnis Sebagai Trigger Pertumbuhan Ekonomi Regional, dengan Narasumber : Prof. Dr. Ir. Musa Hubeis, M.S. Dipl. Ing., DEA. (Guru Besar IPB), dan OJK Lampung, serta Pelaku Usaha.

Sumber : https://www.facebook.com/humaspolinela/posts/2271784199584659

 

SAMI 2020 “September 14th – 24th 2020”

Sustainable Agrifood Management in Indonesia
SAMI 2020
September 14th – 24th 2020

Dear Mr/Mrs.

Happy Ramadhan and fasting🙏🏻.
Hope everyone is well and sound during these times, and a lot of blessings and happiness coming your way! 😊

The 4th SAMI Summer course program from the Department of Management, Faculty of Economics and Management provides you with the materials and skills you need for decision-making and references in sustainable agriculture management both theory and shares the success stories of the business that have used these techniques to benefit of their organizations.

PROGRAM DESCRIPTION
Sustainable Agri-food Management in Indonesia (SAMI) 2020 is the fourth summer course hosted by the Department of Management – IPB University Indonesia. Knowledge and practical sharing would be delivered by notable speakers from local and international universities as well as professionals in the relevant areas. Participants would also be encouraged to explore and transfer ideas and thinking to get a better understanding of the topics, draw conclusions and solutions for the problems to be discussed.

SAMI 2020 will be delivered in a multidisciplinary approach that incorporates agriculture, food, animal, and management science in a harmonize and systematic manner. This approach will serve participants to learn an integrated agri-food value chain from upstream to downstream and from traditional mechanisms to digital transformation in the agricultural sector in terms of production, human resource management, financial management and also marketing issues.

SAMI 2020 is the best program to enroll for anyone who is interested in:

1. Get a better understanding of agri-food management in tropical and developing countries from traditional to digital platform mechanism,

2. Enrich and explore international experiences, and

3. Build global networks among participants across countries as well as opportunities to initiate cooperation with or having a further career in industries to be visited (virtual).

CERTIFICATE
Upon successful completion of the program, participants will be awarded a digital certificate of completion and credit-earning transcript which equals 3 credits by IPB University, Department of Management, Faculty of Economics Management.

We expect participants to dedicate 10 hours per-week over the 2 weeks of the program and this program consists of Video Lectures, Live Webinars & Case Studies, Assignments, Q&A Sessions & Discussions with 10+ Experts.

FEE
International : Up to June 30 USD 50 & After June 30 USD 75
Domestic : IDR 650.000

SPECIAL OFFER
3 Scholarship by uploading Essays (will be selected), Motivation Letter and Curriculum Vitae upon online registration.

LIMITED only for 25 participants.

APPLY NOW!
bit.ly/SAMIIPB2020

If you require any further information or have any program-related queries, please do not hesitate to contact us.

Kind Regards,

Lindawati Kartika
Program Advisor SAMI 2020

Webinar Series “Digital Marketing in the Time of Pandemic”

Webinar Series “Digital Marketing in the Time of Pandemic”

Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) bekerja sama dengan Himpunan Profesi Centre of Management menyelenggarakan Webinar Series pada hari Senin, 4 Mei 2020 melalui aplikasi Zoom. Kegiatan Webinar Series ini diikuti oleh 422 peserta.

Webinar Series kali ini mengusung topik “Digital Marketing in the Time of Pandemic”. Acara yang berlangsung selama 2 jam ini dimulai pada pukul 10.00-12.00 WIB. Kegiatan ini terdiri dari 2 Sesi yaitu penyampaian materi dan tanya jawab. Registrasi perserta dimulai pukul 09.50 WIB lalu diakhiri pada pukul 12.00 WIB.

Acara diawali dengan sambutan dari Ibu Dr. Wita Juwita Ermawati, S.TP, MM selaku Ketua Departemen Manajemen IPB.  Beliau menyatakan bahwa Digital Marketing ini menjadi topik yang menarik untuk kita bahas bersama karena selain sesuai dengan perkembangan revolusi industri 4.0 juga terlebih saat ini ada pandemik COVID-19 yang memunculkan pertanyaan bagaimana pemasaran yang tepat pada masa pandemik ini. Kemudian acara di lanjutkan oleh Bapak Dr. Mukhamad Najib S. TP, MM selaku moderator dengan memaparkan pengalaman karir dari pembicara. Lalu, dilanjutkan oleh pemaparan materi dari pembicara yaitu, Bapak Heri Ardin, MM selaku Founder Socialselling.id dan Partner & Director ADVIKA.id.

Sesi pertama yang berlangsung selama 1 jam ini membicarakan sedikit pengenalan mengenai karier Bapak Heri Ardin kemudian pembahasan tema Webinar Series yaitu Digital Marketing in the Time of Pandemic. Dalam pembahasan tema Digital Marketing in the Time of Pandemic, Bapak Heri Ardin menyampaikan bahwa di era pandemik seperti sekarang terjadi perubahan kebiasaan konsumen. Di mana konsumen sekarang lebih banyak membeli produk kesehatan dan melakukan pembelian produk melalui platform online, seperti e-commerce, website, dan media sosial. Bapak Heri Ardin juga menjelaskan bahwa Digital Marketing di era pandemik ini perlu menerapkan beberapa strategi, yang pertama yaitu re-action tentang bagaimana bring order  kepada konsumen salah satunya dengan cara free delivery. Kemudian yang kedua adalah re-assurance di mana sebuah brand menampilkan kepada konsumen bagaimana mereka selalu menjaga kebersihan sebagai bentuk dukungan dalam mencegah COVID-19, menampilkan konten kesehatan di sosial media, memikirkan kembali taget konsumen dan di mana konsumen target kita selalu berada (platform yang selalu dikunjungi). Yang ketiga adalah  re-assist yaitu kenali lebih dekat konsumen target dengan menyajikan konten-konten yang menarik bagi mereka dan data analisis sangat penting di era pandemik. Intinya adalah selalu menjaga interaksi kita dengan konsumen dan mendengarkan keluhan konsumen. Lalu, ada beberapa kunci yang perlu di perhatikan dalam Digital Marketing di era pandemik yaitu, leverage omnichannel di mana fokus pada customer service dan customers handling serta melakukan kampanye brand awareness sebagai bentuk respon terhadap kondisi saat ini.

Sesi kedua merupakan sesi tanya jawab interaktif yang dibuka sebanyak 2 termin di mana setiap sesinya terdiri dari 3 orang penanya. Para peserta sangat antusias untuk menanyakan beberapa hal kepada Bapak Heri Ardin. Salah satu peserta yang bertanya yaitu Bapak Riska yang berasal dari Thailand beliau menanyakan perihal perlukah media sosial baru untuk memasarkan produk baru. Menurut Bapak Heri Ardin lebih baik membuat sosial media baru untuk produk baru tersebut agar lebih spesifik. Sehingga hal tersebut mampu menarik pelanggan yang memang tertarik dengan produk tersebut. Hal ini juga memudahkan kita nantinya untuk saling melakukan endorse dengan kolega kita.

Webinar Series ini ditutup oleh statement terakhir dari moderator yaitu Bapak Dr. Mukhamad Najib “Era ini memaksa kita untuk mencari cara baru agar bisnis terus bertahan di era pandemik.”

Contact Person: Fitri Pujiarti

Penyusunan Panduan Perencanaan Lingkup Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Kabupaten Bogor  

Penyusunan Panduan Perencanaan Lingkup Perekonomian dan

Sumber Daya Alam, Kabupaten Bogor

 

Tugas pokok dan fungsi dari Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam (PSDA) secara umum adalah melaksanakan penyusunan bahan perencanaan, laporan hasil pengendalian dan evaluasi serta pengelolaan data dan informasi lingkup Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam.  Bidang  PSDA mensinergikan kegiatan pada 7 perangkat daerah yaitu: Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak), Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP), Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar),  serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Berkenaan dengan pentingnya perencanaan dalam menilai keberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan sehingga diperlukan pedoman atau panduan perencanaan khususnya lingkup perekonomian dan sumber daya alam yang dapat memberikan arahan dalam perencanaan untuk para stakeholder di tingkat desa dan kecamatan agar selaras dengan perencanaan di tingkat kabupaten melalui Perangkat Daerah.

Sehubungan dengan hal tersebut, Bappedalitbang Kabupaten Bogor menggandeng Departemen Manajemen FEM IPB untuk membantu menyusun panduan perencanaan bidang PSDA yang akan menjadi menjadi pedoman dan arahan perencanaan pembangunan lingkup perekonomian dan sumberdaya alam bagi kecamatan dan desa di Kabupaten Bogor dalam kurun waktu 2020-2024. Tujuan dari kegiatan penyusunan dokumen panduan perencanaan lingkup perekonomian dan sumberdaya alam adalah terbangunnya sinergi perencanaan pembangunan lingkup perekonomian dan sumberdaya alam di Kabupaten Bogor dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Ruang lingkup kegiatan meliputi : 1) Identifikasi data peraturan lingkup sektoral di masing-masing sectoral meliputi: Undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan presiden, keputusan presiden, peraturan Menteri, keputusan Menteri, perda provinsi Jawa Barat, Perda Kabupaten Bogor dan Peraturan Bupati Bogor; 2).Identifikasi kondisi demografi penduduk Kabupaten Bogor sebagai potensi sumberdaya manusia, kelembagaan usaha sekaligus sebagai pelaku usaha dan pelaku utama; 3) Identifikasi potensi dan prioritas kegiatan pada perangkat daerah lingkup Perekonomian dan sumber daya alam meliputi: Dinas tanaman pangan hortikultura dan perkebunan, Dinas perikanan dan peternakan, dinas ketahanan pangan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Koperasi dan UKM, serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Khususnya informasi tentang kegiatan strategis Bupati yang menjadi indicator pancakarsa; 4) Analisis tatacara perencanaan pembangunan daerah (termasuk tingkat desa), khususnya sesuai Permendagri no 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah; 5)  Penyusunan informasi kebijakan pembangunan lingkup perkonomian dan sumberdaya alam tahun anggaran 2019-2023; 6)  Penyusunan informasi kegiatan strategis atau inovasi lingkup perekonomian dan sumberdaya alam; dan 7) Penyusunan informasi arahan perencanaan pembangunan lingkup kecamatan dan desa di Kabupaten Bogor tahun anggaran 2020-2024 dengan mempedomani tatacara perencanaan pembangunan mulai tingkat desa.

Kegiatan penyusunan panduan ini dilaksanakan mulai Agustus sampai dengan November 2019 dengan melibatkan dosen dan staf di Departemen Manajemen dan Ilmu Ekonomi FEM IPB yaitu Eko Ruddy Cahyadi, Nesti Handayani dan Mutiara Probokawuryan.

Persiapan presentasi laporan akhir Panduan Perencanaan Bidang PSDA Kab Bogor

Dr Eko Ruddy Cahyadi memaparkan laporan akhir Panduan Perencanaan Bidang PSDA

Kabupaten Bogor

Kegiatan penyusunan dokumen panduan perencanaan lingkup perekonomian dan sumberdaya alam mencakup 40 kecamatan di Kabupaten Bogor.  Lokasi survey untuk pendataan dan menggali masukan dari kecamatan dibatasi pada 12 kecamatan sebagai sampel. Penetapan lokasi survey berdasarkan keterwakilan dari masing-masing wilayah pembangunan (3 wilayah) di Kabupaten Bogor, secara proporsional 4 kecamatan dari wilayah barat, 5 kecamatan dari wilayah tengah dan 3 kecamatan dari wilayah timur, dari setiap wilayah pembangunan diambil secara acak.  (NH, 180320)

“Indonesian Agro-Based Products in International Market: Challenges and Opportunities”


GUEST LECTURER SERIES

Indonesian Agro-Based Products in International Market: Challenges and Opportunities


18 November 2019

Departmen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen bekerjasama dengan Centre of Management menyelenggarakan Guest Lecturer Series yang bertempat di FEM Convention Hall pada Senin, 18 November 2019.

Acara ini dihadiri oleh Bapak Yudhiaji Kusuma selaku Former Head of Shopper and Customer Marketing Southest Asia, North Asia and Australia di PT Unilever Indonesia Tbk. Dan Dosen Departmen Manajemen FEM yaitu Bapak Dr.Ir Ma’mun Sarma,MS,M.Ec dan Ibu Lindawati Kartika,SE, M.Si. Acara ini juga dihadiri oleh 126 Peserta yang terdiri dari Mahasiswa S1 dan Pasca Sarjana Manajemen FEM IPB. Tema Guest Lecturer kali ini yaitu “Indonesian Agro-Based Products in Internasional Market: Challenges and Opportunities“. Acara dibuka  pukul 12.30 WIB oleh Master of Ceremony dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak M.Syaefudin Andriyanto,STP, M.Si selaku Sekertaris Departmen Manajemen FEM IPB. Acara dilanjutkan dengan pembacaan curriculum vitae pemateri oleh moderator yaitu Bapak Dr.Ir Ma’mun Sarma,MS,M.Ec  dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Yudhiaji Kusuma. Dalam penyampaian materinya beliau berkata “The world is changing very fast, Big will not beat Small anymore“. Beliau juga menjelaskan target market Unilever adalah masyarakat kelas menengah, Penduduk yang berada di area urban karena beliau menjelaskan 60% penduduk tinggal di lingkungan urbanisasi, dan sudah pasti merubah pola hidup, disinilah kesempatan berada. Pangsa pasar selanjutnya adalah millenials. 8-10 milenial belanja online, aktif di sosial media dan 1/3 dari mereka pasti mencari review sebelum membeli, mereka juga tidak memilikiloyal dengan brand dan sangat suka eksperimen. Indonesian Agro-based products dijelaskan melalui contoh aspek spesifik yaitu makanan. Makanan menjadi kebutuhan nomor 1 untuk individu. Beliau juga menjelaskan bahwa technologi mempengaruhi cara kita mencari ,berbagi dan membeli makanan.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan dibukanya sesi tanya jawab yang dilakukan secara online dan offline. Acara ditutup pukul 16.00 WIB dengan pemberian plakat , suvenir, dan sertifikat kepada pembicara serta dilakukannya foto bersama dengan peserta.

“Corporate Social Responsibility (CSR): Konsep , Implementasi, dan Keberlanjutan”

Corporate Social Responsibility (CSR): Konsep , Implementasi, dan Keberlanjutan”

23 September 2019

Departmen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen bekerjasama dengan Centre of Management menyelenggarakan Guest Lecturer Series yang bertempat di RK FEM 3.01 pada Senin, 23 September 2019. Acara ini dihadiri oleh Bapak Indra Refipal Sembiring selaku Stakeholder Relations, CSR Facilities, dan Sustainability Manager di Multinational Company dan Dosen Mata Kuliah Departmen Manajemen FEM yaitu Ibu Lindawati Kartika S.E,M.Si dan Ibu Hardiana Widyastuti,S.Hut,MM. Acara ini juga dihadiri oleh 102 Peserta yang terdiri dari Mahasiswa S1 Departemen Manajemen FEM IPB.

Tema Guest Lecturer kali ini yaitu “Corporate Social Responsibility (CSR): Konsep , Implementasi, dan Keberlanjutan”. Acara dibuka  pukul 10.15 WIB oleh Master of Ceremony yaitu Adnin Amalia Rizki dan Bimo Ranatuka yang selanjutnya dilakukan pembacaan curriculum vitae pemateri oleh moderator yaitu Ibu Lindawati Kartika S.E, M.Si. Selanjutnya yaitu terdapat penyampaian materi oleh Bapak Indra Refipal Sembiring. Dalam penyampaian materi, beliau menjelaskan pentingnya CSR untuk  suatu perusahaan. “CSR memiliki nilai corporate image yang mungkin tidak hari ini didapatkan tetapi akan menjadi bekal untuk perusahaan kedepannya agar menjadi perusahaan yang sustainable. Beliau juga menjelaskan bahwa CSR bukan menyangkut perihal membuat kegiatan sosial atau lingkungan saja, tetapi sebaiknya CSR dapat menaikan taraf hidup masyarakat. ”Penerapan CSR salah jika dianggap sebagai pengeluaran bukan investasi, karena dengan melakukan CSR, disitu akan ada branding yang akan membuat produk suatu perusahaan semakin dikenal”  ungkap beliau.

Beliau menjelaskan CSR memiliki banyak manfaat untuk perusahaan itu sendiri seperti meningkatkan citra perusahaan, memperkuat brand perusahaan, membuka akses  untuk investasi dan pembiayaan bagi perusahaan, serta meningkatkan harga saham. Jadi sebetulnya CSR tidak hanya untuk kegiatan sosial saja, tetapi penting juga untuk bisnis. Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan dibukanya sesi tanya jawab yang dilakukan secara online dan offline. Acara Guest Lecturer ditutup pukul 12.10 WIB dengan pemberian plakat, souvenir, dan sertifikat oleh Ibu Hardiana Widyastuti,S.Hut,MM  kepada Pembicara serta dilakukannya foto bersama dengan peserta.

 

BE YOUNG EXECUTIVE

BE YOUNG EXECUTIVE
29 April 2019

            Senin, 29 April 2019 telah dilaksanakan Acara Be Young Executive 2019. Be Young Executive merupakan salah satu rangkaian dari the 4th Management Euphoria yang bertujuan untuk memotivasi dan memberikan wawasan kepada seluruh mahasiswa mengenai bagaimana cara menjadi human capital yang dapat menjawab tantangan – tantangan pekerjaan di masa depan serta bagaimana menjadi creativepreneur muda pada era ini. Acara ini berlangsung di Gedung Auditorium Andi Hakim Nasution, IPB.

            Acara berlangsung pukul 07.30 WIB dan acara ini dibuka dengan pembacaan doa oleh Muhammad Rizal Ayuby. Setelah pembacaan doa, terdapat sesi penyampaian sambutan. Pada pukul 09.30 WIB, telah dilaksanakan sesi 1 yang berupa talk show dengan tema “Investing in human capital to address the challenging future of work” yang dimoderatori oleh Panji Laksono yang merupakan Presiden Mahasiswa Institut Pertanian Bogor tahun 2016/2017. Sesi 1 ini menghadirkan 2 pembicara, pembicara pertama yaitu Tubagus Farash Akbar yang merupakan Head of Investment AVRIST dan pembicara kedua yaitu Hendra Etri Gunawan yang merupakan Learning Manager dari Bukalapak.

            Selanjutnya pada pukul 11.15 WIB talk show sesi ke-2 yang bertemakan “Creating a better world from a creative start” dimulai, talk show ini dimoderatori oleh Delonix Regia. Pembicara sesi kedua ini yaitu Michael Chrisyanto yang merupakan Co-Founder Eatlah. Pembicara kedua merupakan pemilik dari Mozza Bistro, yaitu Sandi Sagara. Acara ditutup dengan penampilan hiburan dari Nada Nida, yang merupakan peserta dari ajang pencarian bakat Rising Star. Setelah penampilan hiburan oleh Nada Nida acara Be Young Executive resmi berakhir pada pukul 12.58 WIB.

BOGOR TRADING COMPETITION

BOGOR TRADING COMPETITION
13 April 2019

Himpunan Profesi Manajemen IPB menyelenggarakan Bogor Trading Competition 2019 yang merupakan salah rangkaian kedua The 4th Management Euphoria 2019, dengan tema “Be A Great Trader For A Brighter Future”.

Bogor Trading Competition 2019 merupakan perlombaan dalam bidang keuangan, khususnya mengenai trading saham, dengan Indopremier sebagai sekuritasnya. Dilaksanakan pada Sabtu, 13 April 2019 pada pukul 9.30 WIB bertempat di Ruang Rabuan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen dan dibuka oleh Savia Pramudani dan M. Aldrian Wijaya sebagai Master of Ceremony. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Filya Rahmadani selaku ketua pelaksana Bogor Trading Competition 2019, sambutan dari ketua pelaksana 4th Management Euphoria, Randi Zahra, serta sambutan dari Ketua Departemen Manajemen, Dr. Wita Juwita Ermawati, S.T.P., MM. Acara dilanjutkan dengan pengenalan para juri dan penyampaian kriteria penilaian dalam proses perlombaan. Tiga orang juri berasal dari dua orang akademisi dan satu orang praktisi, yaitu Dr. Wita Juwita Ermawati, S.T.P., MM., Dr. Ir. Budi Purwanto, M.E., dan Agus Supriadi. Pembukaan diakhiri dengan pengundian urutan peserta yang akan tampil untuk mempresentasikan strategi trading yang dilakukan oleh finalis selama satu bulan.

Tahap presentasi strategi perlombaan oleh peserta pertama dimulai pada pukul 9.57 WIB. Peserta diberikan kesempatan selama 10 menit untuk mempresentasikan strateginya dalam melakukan trading saham selama satu bulan perlombaan sehingga mendapatkan capital gain yang tinggi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 10 menit. Presentasi pada tahap pertama berakhir pada pukul 11.45 WIB.

Pada pukul 11.45 hingga 13.00 WIB para peserta diperkenankan untuk istirahat, shalat, dan makan siang. Pada pukul 13.00 WIB acara kembali dimulai untuk melaksanakan seleksi tahap kedua. Pada tahap ini, para peserta diberikan studi kasus secara bergiliran sesuai urutan yang telah diundi sebelumnya, lalu mereka menganalisis studi kasus tersebut selama 15 menit dan mempresentasikannya selama 10 menit, dilanjutkan denngan sesi tanya jawab selama 5 menit.

Seleksi tahap kedua berakhir pada pukul 14.45 WIB dan dilanjutkan dengan hiburan berupa dua buah lagu yang dinyanyikan oleh M. Rochman Alfath. Selanjutnya sambutan dari Pak Agus Supriyadi selaku perwakilan dari Indopremier Sekuritas sekaligus penyerahan sertifikat juri dan bingkisan oleh Filya Rahmadani selaku ketua pelaksana Bogor Trading Competition 2019.

Acara selanjutnya yaitu pengumuman pemenang lomba Bogor Trading Competition 2019. Setelah melewati proses seleksi yang ketat akhirnya diperoleh tiga tim terbaik, dimana juara 1 diraih oleh tim BUCIN dari. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, juara 2 diraih oleh tim CUAN HUNTER dari Trisakti School of Management, dan juara 3 diraih oleh tim AL FURSAN dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada para pemenang Bogor Trading Competition 2019 serta foto bersama.